Wednesday 27 May 2015 0 komentar

ECOBUM Universal Cover, Inovasi Terkini Solusi ber-Clodi dalam Segala Kondisi

Memang benar apa kata pepatah kalau penyesalan pasti selalu hadir di belakang. Penyesalan yang saya alami dalam episode kali ini adalah tentang Cloth Diaper alias Clodi yang saya rasakan setelah hampir setahun menjalani suka-duka ber-Clodi. Menyesal saya dahulu terlalu 'memandang sebelah mata' pada keunggulan Clodi tipe cover sehingga hampir semua koleksi Clodi milik bayi saya adalah clodi tipe pocket. Sebenarnya sih punya juga Clodi yang tipe cover, tapi koleksinya cuma ada satu saja dan satu-satunya clodi tipe cover yang kami miliki itu diperoleh secara gratisan dari kado (kelihatan banget ya,kalo ga nat beli clodi tipe cover :p).

Awal kisah penyesalan saya dimulai saat kami bertiga (saya,bayi dan papa bayi) berlibur ke rumah nenek di Bandung pada bulan Februari 2015 (hampir empat bulan yang lalu). Saat berkemas-kemas pastinya kami membawa semua clodi (totalnya cuma ada 11 clodi) untuk dipakai sehari-hari oleh si bayi seperti biasanya kalau sedang di rumah.

Sebelumnya saya tidak terlalu merisaukan perbedaan kondisi cuaca antara di Jogja dan di Bandung. Biasanya kalau di Jogja tak pernah ada cerita kehabisan clodi karena alasan clodi belum kering (paling lama dijemur 12 -18 jam clodi sudah kering maksimal), rahasianya clodi di cuci di mesin cuci satu tabung jadi kondisi clodi selesai cuci sudah agak setengah kering lalu dibantu oleh kondisi cuaca cerah yang sangat mendukung makanya clodi jadi cepat kering.

Saat berlibur di Bandung saya pikir perihal cuci mencuci clodi akan baik-baik saja, paling-paling kemungkinan terburuknya cuma cuci-kering-pakai plus harus disetrika paksa insert-nya. Tapi kenyataan yang terjadi justru lebih pahit dari yang dibayangkan, meskipun sudah kejar tayang 'cuci-kering-pakai' tetap saja keteteran, maklum lah di Bandung cuacanya banyak mendung selain itu di rumah Bandung mesin pengeringnya rusak jadi harus pasrah mencuci dengan kondisi apa adanya.

Alhasil clodi (pocket+insert) jadi lama banget dijemurnya,baru kering pada hari kedua atau ketiga setelah mencuci. Kalau insert-nya saja  yang susah kering sih saya maklum soalnya insert kan memang tebal jadi wajarlah kalau agak susah kering pas cuaca mendung. Tapi kalau sampai pocket-nya juga susah kering,itu baru diluar dugaan karena biasanya kalau di Jogja jemur pocket paling lama tak sampai 12 jam juga sudah kering.

Dalam kondisi seperti ini (Komplikasi antara mencuci manual tanpa bantuan mesin cuci/pengering ditambah dengan cuaca mendung) saya menyaksikan kenyataan yang tak  pernah disadari sebelumnya.bahwasanya clodi yang paling cepat kering adalah clodi yang tipe cover. Ya!! dalam kondisi seperti ini, Clodi tipe cover adalah Juaranya.

Karena cuma clodi tipe cover saja yang paling cepat kering, sempat terpikir untuk 'mengoplos' cover clodi dengan insert seadanya yang saya miliki. Tapi ternyata prakteknya tidak sesederhana itu karena cover clodi yang saya punya perlu insert  yang memiliki kancing snap,sedangkan tidak semua insert clodi yang saya miliki ada kancing snap-nya (sebagian besar insert yang saya punya tidak ada kancing snap-nya. dan kalaupun ada itupun tidak semuanya bisa sesuai dengan cover clodi yang ada),

Berdasarkan pengalaman ini, saya coba browsing dan cari info selengkap-lengkapnya sampai akhirnya saya temukan ECOBUM Universal Cover. Mungkinkah ECOBUM Universal Cover adalah solusinya? sebelum memikirkan jawabannya, ada baiknya kita lihat dulu gambar dibawah ini.
Sumber gambar : Ecobum.net
Setelah melihat gambar ECOBUM Universal Cover diatas, saya temukan keunggulan ECOBUM Universal Cover, diantaranya :

  1. Bentuk ECOBUM Universal Cover adalah cover, sudah jelas lebih cepat kering daripada yang tipe pocket
  2. Untuk mempertahankan posisi insert supaya tidak bergeser saat si kecil aktif,  Clodi tipe cover lainnya menggunakan satu kancing snap saja sedangkan ECOBUM Universal Cover menggunakan double Flap (terletak di depan dan belakang *lihat pada gambar) dari bahan PUL waterproof  yang mampu mencegah kebocoran di area perut dan punggung juga mampu mencegah insert menyembul keluar.
  3. Sesuai dengan namanya ECOBUM Universal Cover, maka keuntunganya kita bisa pake insert apapun dari merk apapun juga boleh, baik ada ataupun tidak ada kancing snap-nya dan tak perlu khawatir perbedaan ukuran kancing snap di insert dan yang ada di cover, karena untuk menahan insert bukan kancing snap tapi flap-nya 
  4. Tidak perlu insert khusus karena bisa  menggunakan soaker dari prefold, insert, alas ompol atau kaos yang dimodifikasi sebagai penyerap urin. 
  5. Closure/pengait ECOBUM Universal Cover menggunakan kancing snap sehingga lebih kuat,tidak mudah dibuka oleh tangan si kecil dan tentunya lebih awet daripada yang closure-nya dari velcro


Bagi yang masih penasaran pada spesifikasi ECOBUM Universal Cover, berikut saya sertakan keterangannya :
  • Ukuran untuk Berat Badan : 3-16 kg
  • Closure : Snap/ kancing
  • Outer : Polyurethane Laminated (PUL)
  • Inner : Polyurethane Laminated (PUL)

Fitur:
  • Universal: Bisa menggunakan soaker dari prefold, insert, alas ompol atau kaos yang dimodifikasi sebagai penyerap urin.
  • 2 flap dari PUL waterproof mencegah prefold menyembul keluar dan mencegah kebocoran diarea bokong dan perut.
  • Fit double leg gusset menggunakan elastik yang lembut sehingga nyaman dan tight fitting di paha bayi yang dapat mencegah kebocoran samping secara maksimal.
  • Snap pinggang 2 baris sehingga pemakaian lebih mudah & lebih rapi.
  • Hip snap mencegah wing drop
  • Snap kuat dengan snap dan lis tepi full color
  • Available dalam 10 motif super cute
  • Material Cover 100% PUL dan lembut sehingga mudah dibersihkan & cepat kering.
  • Ideal untuk newborn dan anak yang sedang belajar toilet training atau yang menginginkan berpopok kain dengan cara yang sangat praktis, simple, dan hemat.
  • Keterangan lebih lanjut silakan kunjungi Ecobum.net

ECOBUM  berhasil mengubah pandangan saya terhadap clodi tipe cover. Harga ecobum juga terjangkau sepadan antara harga dengan manfaatnya. Oleh karena itu sangat layak jika Ecobum dikatakan sebagai clodi murah berkualitas.

Pengalaman ber-Clodi dalam segala jenis kondisi cuaca mengantarkan saya lebih mengenal  ECOBUM Universal Cover. Ya, tak salah lagi,... Ecobum memang Clodi murah berkualitas dengan Inovasi Terkini yang memberikan Solusi ber-Clodi dalam Segala Kondisi

Semoga akan makin banyak ibu yang beralih ke Cloth Diaper.
ECOBUM Universal Cover, Inovasi Terkini Solusi ber-Clodi dalam Segala Kondisi


0 komentar :

Post a Comment