Friday 23 May 2014 7 komentar

Manfaat Vitamin/Suplemen untuk Ibu Hamil

Manfaat Suplemen Bagi Ibu Hamil adalah untuk memastikan bahwa kebutuhan ibu hamil dan janin akan nutrisi dapat terpenuhi sehingga pertumbuhan dan perkembangan janin dapat optimal dan ibu selalu sehat.


Banyak ibu hamil yang mengalami susah makan dan mual muntah dalam kehamilannya padahal kehamilan haruslah di jaga dengan sebaik baiknya salahsatunya melalui makanan bergizi karena jika tidak di jaga dengan baik akan berakibat fatal baik kepada ibu maupun sang bayi yang ada dalam kandungan.Dan untuk menjaga kesehatan tubuh ibu dan bayi di perlukan mengkonsumsi Suplemen yang merupakan salah satu upaya agar ibu dan janin mendapat asupan nutrisi yang cukup.

Untuk memilih suplemen yang tepat sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter. Biasanya setiap cek kandungan dokter akan langsung memberi resep suplemen.Sebaiknya suplemen tidak diminum dengan teh atau kopi karena akan mengurangi kadarnya. 

Berikut beberapa suplemen yang biasa dikonsumsi ibu hamil (dikutip dari www.ayahbunda.co.id )
-  Suplemen asam folat: Folavit, Folas.
-  Suplemen zat besi: Hemobion, Ferrofort, Maltofer.
-  Suplemen kalsium dan vitamin D: Cavit D3, Elkana.
-  Suplemen gabungan zat besi dan kalsium: Calmin AF, Folamil, Obical.
-  Suplemen gabungan zat besi, kalsium dan DHA: Obipluz, Caloma, Folamil Genio.


Manfaat Zat yang terkandung dalam suplemen ( dikutip dari mediskus.com )

Asam folat – Mencegah cacat lahir
Asam Folat adalah vitamin B yang membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang merupakan kelainan serius pada otak dan sumsum tulang belakang. Kurangnya asam folat pada ibu hamil juga dapat meningkatkan risiko berat badan lahir rendah (BBLR) dan kelahiran prematur. Bentuk sintetis dari asam folat banyak ditemukan dalam suplemen dan makanan yang diperkaya.

Kebutuhan asam folat yakni 800 mikrogram sehari, sebelum pembuahan dan selama kehamilan.

Sayuran berdaun hijau, buah jeruk, dan kacang kering dan kacang polong merupakan sumber Asam folat yang baik dan alami

Selain menu makanan sehat sehari-hari, konsumsi vitamin prenatal (vitamin ibu hamil) terutama yang mengandung asam folat ini – idealnya dimulai tiga bulan sebelum konsepsi (pembuahan) – dapat membantu memastikan bahwa ibu hamil mendapatkan cukup nutrisi yang penting ini.

Kalsium – Tulang kuat dan sehat
Ibu hamil dan bayinya membutuhkan kalsium untuk tulang dan gigi yang kuat. Kalsium juga membantu menjaga peredaran darah, sistem otot dan saraf agar berjalan normal.

Kebutuhan kalsium saat kehamilan adalah 1.000 miligram per hari. Untuk yang hamil di usia remaja membutuhkan kalsium lebih banyak, yakni 1.300 miligram per hari.

Produk susu merupakan sumber utama kalsium. Selain itu Banyak jus buah dan sarapan sereal juga diperkaya dengan kalsium.

Vitamin D – Menunjang Kekuatan Tulang
Vitamin D juga membantu membangun tulang dan gigi bayi Anda.

Ibu hamil membutuhkan 600 IU Vitamin D per hari.

Lemak ikan, seperti salmon dan tuna, adalah sumber yang kaya akan vitamin D. Pilihan lainnya termasuk susu dan jus jeruk.

Protein – Untuk pertumbuhan
Protein sangat penting untuk pertumbuhan bayi Anda, khususnya selama trimester kedua dan ketiga.

Kebutuhan protein untuk ibu hamil yaitu 71 gram sehari.

Daging tanpa lemak, unggas, ikan dan telur adalah sumber yang kaya akan protein. Pilihan lain termasuk kacang kering dan kacang polong, tahu, produk susu dan selai kacang.

Zat Besi – Mencegah anemia pada kehamilan
Tubuh menggunakan besi untuk membuat hemoglobin (Hb) yang merupakan protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke jaringan tubuh. Selama kehamilan volume darah meningkat untuk mengakomodasi perubahan dalam tubuh dan membantu bayi agar suplai darahnya terpenuhi sehingga kebutuhan zat besi akan meningkat.
Jika Ibu hamil tidak mendapatkan cukup zat besi, gejala yang mungkin timbul muncul yaitu lelah dan lebih rentan terhadap infeksi. selain itu, risiko kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah dapat menjadi lebih tinggi.

Kebutuhan zat besi ibu hamil yaitu: 27 miligram per hari.

Daging merah, unggas dan ikan merupakan sumber yang kaya akan zat besi. Pilihan lain termasuk sarapan sereal yang diperkaya zat besi, kacang-kacangan dan buah kering.
Vitamin prenatal biasanya mengandung zat besi. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin menyarankan suplemen besi yang terpisah.
Besi dari produk hewani, seperti daging, paling mudah diserap. Untuk meningkatkan penyerapan zat besi dari sumber tanaman dan suplemen, dibutuhkan vitamin C – seperti jus jeruk, jus tomat atau stroberi. Jika Anda mengambil suplemen zat besi dengan jus jeruk, sebaiknya kurangi konsumsi makanan atau suplemen yang mengandung kalsium atau konsumsi terpisah (diberi jarak waktu). Meskipun kalsium merupakan nutrisi penting selama kehamilan, kalsium dapat menghambat penyerapan zat besi.

Comments
7 Comments

7 komentar :

  1. Replies
    1. Oke Terimakasih sarannnya untuk dipertimbangkan pada kehamilan berikutnya :D

      Delete
  2. Kanker ovarium yakni tipe kanker yg dimulai di ovarium. Tanda-tanda Kanker Ovarium Yang Wajib Diketahui Wanita
    Coba buat mengecek sektor pangkal paha, dibawah dagu, ketiak & groin Kamu. Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening Wajib Diketahui
    Limfoma yakni kanker yg muncul dalam system limfatik yg menghubungkan kelenjar getah bening noda atau semua badan. Gejala Penyakit Limfoma Yang Harus Anda Diketahui
    Tanda-tanda paling umum kanker tulang di tulang belakang yakni rasa sakit di leher atau punggung. Ciri-ciri Penyakit Kanker Tulang Yang Wajib Diketahui
    Kanker rahim, umumnya berjalan kepada perempuan yg mempunyai mangalami saat menopause. Gejala Kanker Rahim Yang Harus Diwaspadai Wanita

    ReplyDelete
  3. Obat Kanker Rahim Herbal QNC Jelly Gamat Terima kasih semoga informasi yang kami bagikan bisa bermanfaat.

    ReplyDelete
  4. Obat Miom Paling Mujarab Tanpa Operasi

    Kami memiliki solusi alami dan tepat tanpa efek samping untuk membantu mengobati keluhan sakit yang miom yang Anda derita. Kandungan yang terdapat di dalamnya mampu menghasilkan khasiat yang luar biasa untuk membantu mengatasi miom hingga tuntas.

    ReplyDelete