Thursday 22 May 2014 0 komentar

Rekaman hasil periksa kandungan

Gambar: Dokumentasi Pribadi


Senin, 21 Oktober 2013 ( uk
 5 minggu 2 hari)

Pertama kali periksa kandungan ke dr Widad di Apotek Madukoro,dapat info Apotek Madukoro dari bidan dekat rumah pas dulu pernah periksa waktu menskram bulan Juni 2013. Kondisi saat ke Apotek Madukoro sudah ada keluhan mual+muntah, lemes dan mudah capek,dan sudah ada gejala pilih-pilih makanan. Ternyata usia kandungan sudah 5 minggu 2 hari.


Ketika datang ke Apotek dan tanya petugas waktu sudah menunjukkan kurang lebih jam 17.00 WIB tapi katanya dokter baru datang jam 19.00 WIB, Akhirnya pulang dulu ke rumah (lupa kenapa gak sekalian daftar tadi :3 ). Kembali lagi ke Apotek Madukoro Jam 19.00 WIB antrian sudah no 10. Kemudian daftar dulu bikin kartu pasien (Biaya pendaftarannya murah banget cuma Rp 1000,-) terus diperiksa dulu oleh bidan, cek tekanan darah,berat badan dan sekalian test urine dulu (kemarin gak uji tet pack sendiri,biar sekalian ada yang ngebacain test pack-nya :p). 


Total periksa cuma habis Rp 100.000,- (harga USG di Apotek Madukoro Cuma Rp 30.000,- cuma dikasih 1 lembar saja, tarif dokter Rp 50.000). Dokternya cenderung Kalem gak terlalu banyak bicara, ketika diajukan pertanyaan jawabannya sangat Singkat,Padat dan Jelas

Hasil Periksa :
Berat Badan : 54 Kg (biasanya paling gendut 55 Kg)
Tekanan darah : 90/60
Vitamin dari dokter : FOLAVIT
Hasil USG



Selasa, 19 November 2013 ( uk 9 minggu 3 hari)


Periksa kandungan kedua kalinya pada bulan November 2013,kondisi badan malah makin gak menentu,makin sering mual muntah.dan susah makan karena semua makanan baunya gak enak. Oleh karena itu pada Bulan kedua ini akan saya coba periksa ke RS Happyland, soalnya banyak teman-teman kantor yang rekomendasi supaya periksa sama dokter cewek aja misalnya dr Detty di RS Happyland, tapi ketika coba daftar lewat telepon ternyata dr Detty sedang cuti apa ke luar negeri (lupa yaa,..) baru balik sekitar dua mingguan lagi.  


Karena mengingat obat sudah habis dan tak mungkin nunggu dua minggu lagi lalu dari pihak pendaftaran menawarkan dokter lain,Akhirnya kami pilih periksa dr Upik yang praktek tiap selasa dan sabtu. Pendaftarannya mulai jam 16.00 WIB dan nomor antriannya ternyata per kedatangan walaupun sudah telepon beberapa hari sebelumnya. 


Biaya cek kandungan di RS Happyland ternyata lebih mahal bisa tiga sampai empat kali lipat daripada harga cek kandungan ditempat yang pernah saya coba sebelumnya,tapi yang bikin saya heran koq pasiennya banyak banget yaaa,.. Prosedur pemeriksaannya sebagian besar sama saja seperti ditempat sebelumnya,diperiksa dulu oleh bidan, cek tekanan darah,berat badan lalu masih nunggu panggilan dokter. Setelah saya diperiksa dokter ternyata konsultasinya lumayan enak, dokter lebih banyak memberi penjelasan, mungkin karena dokternya perempuan jadi lebih banyak bicara juga lebih banyak senyum. 


Untuk seterusnya akhirnya kami putuskan untuk cek kandungan di RS Happyland saja,alasannya :

pertama, karena dokternya perempuan dan cukup baik untuk konsultasi
kedua, lokasinya dekat dengan kantor dan pendaftarannya mulai jam 16.00 WIB jadi pulang kantor langsung ke RS dulu gak pulang dulu,biar sekalian
Ketiga, sudah males cari tempat lainnya,pindah tempat praktek malah rekaman medisnya jadi tak tertelusur, biar sekalian kontrol dan melahirkan di RS Happyland saja

Hasil Periksa :
Berat Badan : 52 Kg (Turun 2 Kg dari cek ditempat sebelumnya, tapi apa Settingan kalibrasi timbangannya sama ya )


Tekanan darah : 90/70
Vitamin dari dokter : FOLAVIT ,  ZOMIVIT
Hasil USG (dikasih dua print out) 
*notes: detak jantung janin sudah terdengar


Selasa, 17 Desember 2013 ( uk 13 minggu 4 hari)

Kondisi saat periksa kandungan masih malas makan,sering lemes,cape dan mual-muntah, sering sakit maag (untungnya minum obat maag diperbolehkan untuk ibu hamil). Untungnya kondisi janinnya sehat berat dan panjangnya cukup,detak jantung bagus, gerakannya pun sudah terlihat.
Hasil Periksa :
Berat Badan : 53 Kg
Tekanan darah : 100/60
Vitamin dari dokter : PROHELIC, ELKANA
Hasil USG:
*notes : gerakan janin sudah telihat di USG, Dokter sudah memberi perkiraan jenis kelamin janin, tapi masih tunggu hasil USG bulan berikutnya (katanya laki-laki)


Sabtu, 18 Januari 2014 ( uk 18 minggu 4 hari)

Kondisi saat periksa kandungan masih agak lemas, masih mual-muntah walau sudah gak terlalu sering, sebelumnya sempat terserang flu tapi sudah sembuh sebelum kontrol kandungan
Hasil Periksa :
Berat Badan : 54 Kg
Tekanan darah : 100/60
Vitamin dari dokter : PROHELIC, ELKANA
Hasil USG:
*notes : ruang jantung sudah terbagi 4 ruang, jari-jari tangan dan kaki sudah terbentuk, organ dalam sudah terbentuk,perkiraan jenis kelamin laki-laki

Sabtu,22 Februari 2014 ( uk 22 minggu 4 hari)

Kondisi saat periksa kandungan sudah lebih baik,sudah doyan makan dan bisa masak lagi, tidak banyak keluhan
Hasil Periksa :
Berat Badan : 56 Kg
Tekanan darah : 100/60
Vitamin dari dokter : PROHELIC, ELKANA
Hasil USG:

Selasa, 18 Maret 2014 ( uk 26 minggu 4 hari)

Kondisi saat periksa kandungan sudah stabil,sudah enak makan dan rajin masak, keluhannya cuma sakit punggung
Hasil Periksa :
Berat Badan : 57 Kg
Tekanan darah : 110/60
Vitamin dari dokter : PROHELIC, ELKANA
Hasil USG:
*notes: posisi kepala bayi masih diatas, harusnya sudah mulai condong ke bawah

Selasa, 22 April 2014 ( uk 30 minggu 3 hari)

Kondisi saat periksa kandungan stabil,masih bisa enak makan dan bisa masak, keluhannya cuma sakit punggung dan agak sesak karena kondisi perut makin besar, mulai sering cape lagi.
Hasil Periksa :
Berat Badan : 58 Kg
Tekanan darah : 110/60
Vitamin dari dokter : PROMAVIT, EAZYCAL
Hasil USG:
*notes: posisi kepala bayi masih diatas, harusnya sudah mulai condong ke bawah coba dulu banyak sujud dan mulai senam hamil, mulai mei 2014 kontrol per dua mingguan

Sabtu, 10 Mei 2014 ( uk 32 minggu 5 hari)

Kondisi saat periksa kandungan stabil,masih bisa enak makan tapi mulai sensitif lagi pada bau-bauan, cuma bisa masak sayur dan oseng2 yang pakai margarin, gak suka masak gorengan apalagi pakai minyak, keluhannya sakit punggung,kram kaki, sesak karena kondisi perut makin besar,sering cape.
Hasil Periksa :
Berat Badan : 58,5 Kg
Tekanan darah : 110/60
Vitamin dari dokter : PROMAVIT, EAZYCAL
Hasil USG (blm sempat scan n upload):
*notes: berat bayi 2160 gram (kategori cukup) tapi posisi kepala bayi masih diatas, harusnya sudah mulai condong ke bawah coba dulu banyak sujud dan mulai senam hamil, kontrol 2 minggu lagi


Senin, 26 Mei 2014 ( uk 36 minggu 1 hari)

Rencana kontrol sabtu tanggal 24 mei 2 hari yang lalu tapi jadwalnya dibatalkan oleh pihak rumah sakit karena dokter banyak jadwal membantu persalinan, untungnya vitamin masih sisa satu lagi,bisa menunggu sampai senin besok (bertepatan dengan perayaan 'Harpitnas' banyak libur yang kejepit soalnya). Kondisi saat periksa kandungan stabil kurang lebih sama seperti dua minggu yang lalu tapi tidak ada tambahan keluhan.
Hasil Periksa :
Berat Badan : 59 Kg
Tekanan darah : 110/70
Vitamin dari dokter : PROMAVIT, EAZYCAL
Hasil USG (blm sempat scan n upload):
*notes: berat bayi 2356 gr (kategori cukup) dan Alhamdulillah posisi kepala bayi sudah di bawah ternyata usaha banyak sujud dan senam hamil,  masih harus terus sujud knee-chest-position supaya kepala bayi masuk panggul. kontrol 1 minggu lagi, Perkiraan Jenis kelamin laki-laki (katanya terlihat jelas di USG,tapi saya gak ngerti,hhee)


Selasa, 3 Juni 2014 ( uk 37 minggu 0 hari)

Kontrol seperti jadwal praktek biasanya. Kondisi saat periksa kandungan stabil kurang lebih sama seperti seminggu yang lalu tapi tidak ada tambahan keluhan.

Hasil Periksa :
Berat Badan : 59 Kg
Tekanan darah : 110/70
Vitamin dari dokter : PROMAVIT, EAZYCAL

Hasil USG (blm sempat scan n upload):

*notes: berat bayi 2741 gr (kategori cukup) dan Alhamdulillah posisi kepala bayi tetap stabil di bawah ga muter-muter masih harus terus sujud knee-chest-position supaya kepala bayi masuk panggul. kontrol 1 minggu lagi, Perkiraan Jenis kelamin laki-laki boleh siap-siap cari-cari nama anak cowok,kata dokternya sudah yakin banget kalo calon bayinya laki-laki


Selasa, 10 Juni 2014 ( uk 37 minggu 4 hari)

Kontrol seperti jadwal praktek biasanya, merasa bersyukur ambil jadwal kontrol yang hari selasa karena kalau rabu besok harus jemput ibu di stasiun (neneknya bayi mau datang,sekalian nunggu waktu lahiran,Hpl-nya 20 Juni 2014). 

Kondisi saat periksa kandungan stabil, kurang lebih sama seperti minggu yang lalu tidak ada tambahan keluhan, tapi dokternya heran koq belum lahir-lahir ya (mana saya tau, jawab saya dalam hati). Dokternya bertanya apa saya dah pernah mulai ada terasa kenceng-kenceng(kontraksi) di perut (saya jawab tidak pernah,perasaan saya cuma perut makin berat dan makin sering cape, dan bayinya makin keras kalo nendang-nendang perut)

Hasil Periksa :
Berat Badan : 59,5 Kg
Tekanan darah : 110/70
Vitamin dari dokter : PROMAVIT, EAZYCAL

Hasil USG (blm sempat scan n upload):

*notes:
P
osisi kepala bayi tetap stabil di bawah. Perkiraan Jenis kelamin laki-laki , Berat bayi 2641 gr (kategori cukup) tapi kenapa turun 100 gram dari hasil periksa minggu lalu (dokternya sampai tiga kali periksa tapi hasilnya tetep bekisar di 2600 gr) dokter terlihat agak bingung,saya diberitahu kalo jumlah air ketuban sudah tidak banyak dan lebih baik segera diusahakan untuk cepat lahir saja,jangan nunggu kontrol satu mingggi lagi (ehhh,si dokter malah nawari operasi cesar ya jelas-jelas saya tolak lah,lalu dokternya bilang supaya cepat lahir lebih baik coba di induksi alami saja biar cepet terasa kontraksinya(biar bayinya gak terlalu lama dalam perut mengingat air ketubannya sudah kurang baik dan jumlahnya pun sudah berkurang).

Pulang dari kontrol yang terakhir ini,sedikit tidak percaya sama analisa dokter yang mengatakan bahwa berat janin berkurang dan air ketuban sudah tidak bagus.Apalagi dokternya bilang supaya segera bisa lahir dalam waktu kurang dari satu minggu dan dokter  memberi saran supaya induksi alami saja (memang gak ada cara lain gitu ya? ). 


Sempat merencanakan untuk periksa ke dokter lain untuk membandingkan persepsi dan melihat hasil usg di tempat lain apakah berat bayinya tetap menunjukan angka yang sama (khawatir kalau memang alat USG di rumah sakit sedang rusak).

Baru nyadar kalo ternyata di struk pembayaran tarif usg-nya koq ditulis USG vaginal HL padahal biasanya tarif Usg HL saja (apa bedanya ya? padahal saat itu periksanya sama saja seperti bulan-bulan sebelumnya) yang jelas harganya lebih dari dua kali lipatnya. Sayangnya ingetnya setelah agak lama ga langsung saat itu juga jadi ya gak mungkin bisa protes.

0 komentar :

Post a Comment