Tuesday 20 May 2014 0 komentar

Perbandingan hasil USG sebelum dan setelah hamil

Pada awal kehamilan kira-kira saat usia kandungan kurang dari 5 minggu, mungkin kita tidak menyadari adanya tanda-tanda kehamilan apalagi jika bunda tidak mengalami mual-muntah,ngidam dan cepat lelah. Hanya telat haid yang bisa menjadi indikasi awal,tapi untuk bunda yang siklusnya tidak teratur atau yang masih ragu tentunya memerlukan bantuan Test Pack Stick sebagai uji pendahuluan untuk selanjutnya dilakukan USG untuk mengkonfirmasi ada/tidaknya kehamilan.

Berikut ini adalah pengalaman saya,Setelah membaca berbagai artikel tentang kehamilan yang diantaranya menyatakan bahwa "Sebagian besar bunda baru menyadari kehamilan setelah janin berusia 4 minggu", ternyata hal ini juga terjadi pada saya. Saya baru menyadari ketika sudah telat haid kira-kira 1 minggu dan mulai merasa tidak enak badan,cepat lelah sampai yang membuat saya benar-benar memeriksakan diri ke Dokter adalah setelah saya mual melihat gorengan,tidak suka makan nasi  dan semua makanan rasanya jadi beraroma tidak enak,saat itu saya belum coba uji test pack sendiri. Sesampainya di tempat prakter,oleh bidan saya diminta uji test pack dulu dan Alhamdulillah ternyata hasilnya positif, setelah menunggu antrian barulah saya diperiksa oleh Dokter dan di USG, ternyata memang benar,usia kandungan saya sudah 5 minggu 2 hari, sudah terlihat ada kantong gestasi.

Perbedaan Hasil USG Sebelum dan setelah hamil terlihat dari adanya kantong gestasi

Kantung Gestasi disebut juga Sakus gestasional (gestational sac) adalah struktur berisi cairan yang berkembang pada awal kehamilan, yang mungkin berlokasi di dalam atau di luar rahim (dalam kasus kehamilan ektopik). Pada kehamilan normal, sakus gestasional berisi embrio atau janin. Disebut juga kantung kehamilan.

Kantung gestasi bisa terlihat pada usia kehamilan mulai 4 Minggu pada pemeriksaan USG transvagina dan paling telat pada usia gestasi 7 Minggu pada USG transabdominal

0 komentar :

Post a Comment