Tuesday 27 May 2014 0 komentar

Seberapa penting rajin Jalan kaki bagi Ibu Hamil?

Jalan kaki adalah olahraga yang mudah,murah dan sehat. dikatakan sangat mudah dan murah karena tanpa alat bantu apapun maka semua orang bisa melakukannya. Ada yang bilang jalan pagi cukup 10,20 atau 30 menit, ada yang bilang harus tiap pagi,ada juga yang cukup dua hari sekali adau bahkan cuma seminggu dua kali, mungkin semuanya tergantung pada kondisi ibu hamil itu sendiri. 

Pengalaman saya saat usia kandungan 30 minggu saya sudah mulai coba rajin jalan kaki pagi-pagi karena posisi bayi masih melintang, awalnya rajin jalan pagi tapi kemudian berhenti karena sering kram kaki. Akhirnya kegiatan olahraga saya tidak terlalu fokus pada jalan kaki pagi hari tapi yang penting badan saya bergerak  minimal 30 menit/hari caranya ya boleh sambil beres-beres,nyapu,ngepel , dll 

Pentingnya jalan kaki pagi hari menurut saya adalah supaya badan kita bergerak sehingga bayi pun ikut olahraga sehingga berat ibu,berat janin dan posisi letak janin ada dalam kondisi normal. (Teorinya : bagian yang terberat dari anggota tubuh janin adalah kepala, jadi selama ibu rajin bergerak dan tidak ada gangguan pada rahim yang menghalangi gerakan janin seharusnya posisi kepala bayi sudah berada di bawah sejak kurang lebih 25 minggu,mengingat adanya gaya gravitasi yang membantu  bagian terberat berada di bawah)

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman saya,saat saya masih belum cuti mungkin pekerjaan saya tidak banyak jalan kaki makanya sampai usia kandungan 36 minggu janin saya belum ada pada posisi yang seharusnya alias masih melintang. Barulah setelah cuti kurang lebih 10 hari aktivitas saya di rumah saya sibukkan dengan banyak gerak yang melibatkan kaki entah itu jalan pagi,ngepel,nyapu  sampai sujud knee-chest-position juga saya coba dan Alhamdulillah berhasil saat kontrol kandungan pada usia 36w1d posisi janin yag terpantau dilayar USG sudah bagus.

Berikut adalah manfaat jalan kaki setiap pagi bagi ibu hamil :

(diambil dari Sumber :Bidanku.com)

1.    Memperkuat Otot Menjelang Persalinan
Bagi anda yang melakukan jalan kaki setiap pagi dengan teratur apalagi di trimester ketiga akan membantu anda dalam mempersiapkan persalinan. Otot-otot yang dibutuhkan dalam membantu persalinan anda akan lebih kuat. Salah satu penelitian mengemukakan bahwa dengan gerakan ringan yang dilakukan oleh ibu hamil akan membantu menguatkan otot salah satunya otot panggul yang dapat mempermudah proses persalinan.
2.    Membuat Ibu hamil lebih bugar
Jalan kaki pada pagi hari dengan teratur akan membantu anda dalam menjaga kesehatan dan mengurangi keluhan yang sering kali terjadi selama kehamilan. Menurut penelitian yang dilakukan di california, ibu hamil yang bugar akan lebih mudah dapat melakukan proses mengejan. Bahkan ibu hamil yang sering melakukan senam hamil atau yoga akan lebih mungkin mengalami proses persalinan yang lebih cepat dibandingkan dengan ibu hamil yang jarang berolahraga selama kehamilan.
3.    Mengurangi resiko kehamilan bermasalah
Dengan melakukan gerakan yang teratur di pagi hari atau jalan kaki selama kehamilan anda, maka anda dapat mengurangi resiko mengalami kehamilan bermasalah. Beberapa diantaranya adalah resiko pre-eklamsia dan diabetes.
4.    Mengurangi stres fisik dan mental
Latihan fisik yang teratur pada ibu hamil akan memicu timbulnya hormon endorfin yang akan memberikan efek psikologis yaitu memberikan ketenangan secara mental. Selain melepaskan ketegangan mental, gerakan teratur akan membantu anda dalam mengurangi stres fisik dikarenakan jalan kaki pada pagi hari tidak membuat tubuh ibu hamil kelelahan berlebihan.
5.    Menjaga Kenaikan Berat badan dengan Wajar
Membiasakan hidup sehat dengan melakukan latihan sehat seperti jalan kaki di pagi hari akan membantu anda dalam menjaga kenaikan berat badan yang wajar selama kehamilan. Hal ini berhubungan dengan jalan kaki yang merupakan latihan fisik dalam menjaga pembuluh jantung ibu hamil dikarenakan tidak terlalu membebani persendian dan lutut. Dengan cara seperti ini akan menjaga berat badan anda selama kehamilan.
6.    Meningkatkan Kualitas tidur selama kehamilan
Keluhan yang sering kali dialami oleh ibu hamil adalah kesulitan tidur malam dengan baik. Dengan olahraga teratur seperti melakukan jalan kaki setiap pagi maka akan membantu anda dalam mengurangi masalah kesulitan tidur.

0 komentar :

Post a Comment