Sunday 25 May 2014 1 komentar

Manfaat musik bagi Janin dan Ibu hamil

Sebelum hamil saya memang suka mendengarkan musik,dan kadang-kadang juga memainkan alat musik. Sekarang setelah hamil saya coba mengenalkan suara-suara kepada janin saya melalui headphone,kadang kami juga bermain musik bersama 

Bermain musik mungkin lebih dinilai sebagai hobi dan lebih untuk menyenangkan perasaan ibu saja. Namun jika Ibu merasa bahagia dan tenang dengan bermain musik,maka janin pun akan ikut merasakan kebahagiaan tersebut.Beditu juga kalau sebaliknya jika ibu sedang sedih atau stress. maka dari itu ibu hamil harus selalu dalam kondisi relaks supaya tidak tegang dan tidak memberi pengaruh buruk pada perkembangan janin

Setelah membaca dari banyak sumber,ternyata kegiatan-kegiatan seperti mendengarkan musik,mengajak bayi berbicara,mengajak bayi bermain musik, membacakan cerita kepada bayi tidak hanya dapat menstimulasi syaraf-syaraf otak bayi, tapi bayi juga akan merasakan ketenangan, kedamaian, kasih sayang, dan kebersamaan bersama keluarga


walaupun manfaat musik bagi kehamilan masih simpang siur tapi apa salahnya kalo dicoba. Bunda-bunda juga bisa pilih antara mendengarkan musik ataupun mendengarkan ayat suci, Hidup memang harus seimbang :D

Kembali lagi ke masalah musik  banyak pendapat yang menyatakan bahwa mendengarkan musik yang di lakukan oleh ibu hamil  membawa dampak yang sangat besar terhadap perkembangan kecerdasan bayi beberapa alasannya yang saya dapatkan dari Sumber bidanku.com  antara lain :

  1. Pada trimester kedua janin mengalami perkembangan yang sangat pesat dari segi ukuran maupun kemampuan. Salah satunya kemampuan mendengar. Kemampuan mendengar menjadi saluran komunikasi antara janin dan dunia luar sehingga janin dapat merasakan lingkungan sekitarnya (sehingga diharapkan nantinya bayi bisa lebih peka terhadap lingkungan sekitar)
  2. Bayi dapat memberikan reaksi  dalam bentuk gerakan di dalam kandungan yang mana reaksi tersebut dapat diartikan betapa senangnya janin dalam kandungan jika diperdengarkan musik. Dari berkembangnya indera pendengaran janin,orang mulai menghubungkan kecerdasan otak janin dengan musik.
  3. Musik membuat ibu hamil jadi lebih tenang saat menghadapi perubahan hormon kehamilan, bahkan pengantar tidur yang menyenangkan. Dengan tenangnya ibu hamil, dan sedikitnya resiko stres dan tegang, maka tubuh ibu merupakan rumah yang sehat dan nyaman untuk janin anda.
  4. Menari dan menggerakkan badan mengikuti alunan musik, menikmati musik yang nyaman, memberikan energi positif ke tubuh yang akan diserap oleh janin anda.
Tidak semua musik dipercaya dapat merangsang kecerdasan janin. Musik yang paling baik dipercaya untuk merangsang perkembangan otak janin biasanya adalah Musik klasik, Mengapa musik klasik? sampai sekarang alasannya masih menjadi perdebatan. Ada yang menilai alasannya adalah mungkin karena sifatnya yang teratur dari segi tempo dan struktur nada, sehingga mampu memberikan penggambaran tersendiri bagi otak. Gambaran yang menunjukkan bahwa dunia ini memiliki garis-garis yang saling berhubungan kendati tak terlihat. Kemampuan menarik garis-garis yang tak terlihat itulah yang membuat perbedaan kecerdasan.

Beberapa contoh musik klasik untuk ibu hamil yang saya temukan dari berbagai sumber, antara lain:

  • Yiruma – “River Flows in You”(watch / listen )
  • Ludwig Van Beethoven – “Andante in F Major”
  • Ludwig Van Beethoven – “Love Story Piano”
  • Ludwig Van Beethoven – “Ode to Joy”
  • Yanni – “Sadness of the Heart” (listen)
  • Suzzane Ciani – “The Velocity of Love” ((listen/download)
  • Suzzane Ciani – “Mother’s Song” (listen/download)
  • Richard Clayderman – “Love Story”
  • Wolfgang Amadeus Mozart – “March Turkish” ((listen/download)
  • Wolfgang Amadeus Mozart – “Sonata (abc)”
  • Wolfgang Amadeus Mozart – “Symphony No. 40″ ((listen/download)

Tidak sulit kan Bunda? Cukup Mendengarkan musik klasik setiap hari minimal 30 menit dan bisa sambil melakukan kegiatan lain. Kalau tidak suka musik klasik atau selalu ketiduran kalau mendengarkannya, tidak perlu khawatir karena Janin tetap bisa mendengar.

Comments
1 Comments

1 komentar :

  1. Iii keren banget sih. Artikelnya kerenn, bisa jdi referensi dan ladang informasi buat para calon ibuu. btw makasi banyak yah!

    ReplyDelete