Wednesday 28 May 2014 4 komentar

Pengalaman Ikut kelas senam hamil


Gambar: Dokumentasi Pribadi
Gak disangka foto saya ini banyak peminatnya,
sebenarnya saya malu aja kalo foto ini muncul ditempat lain, :p
Mohon maaf buat yang mau copy paste, silakan cantumkan sumber aslinya
http://shkuter.blogspot.com/2014/05/pengalaman-ikut-kelas-senam-hamil.html





Saat 6 Bulan usia kandungan, kita bisa coba yang namanya senam hamil. Pertama kali coba senam hamil usia kandungan saya sudah 29 minggu, gerakkan awalnya senam hamil mirip gerakan senam biasa ada pemanasannya pakai gerakan jalan ditempat cuma lebih ringan porsinya. selanjutnya banyak gerakan duduk dan tidur-tiduran,enak banget ya,heee,...apalagi ditempat saya senam setelah kegiatan senam berakhir semua peserta dapat minuman jus yang seger bgt.

Senam hamil ini boleh dilakukan sebanyak satu sampai dua kali dalam seminggu. kalo sudah hapal gerakannya boleh-boleh aja koq senam hamil sendiri. Durasi senam hamil selama 1 jam 30 menit. khusus untuk peserta yang sudah mencapai usia kandungan 36 minggu diajarkan cara pernapasan khusus untuk persalinan.

Berikut yang saya dapatkan dari sumber mommiesdaily.com mengenai poin-poin penting,syarat dan manfaat senam hamil

Poin-poin mengenai senam hamil: 

  1. Gerakan-gerakan senam hamil berisi gerakan-gerakan yang menggabungkan latihan pernafasan, kerja otot jantung, relaksasi, fleksibilitas/kelenturan.
  2. Latihan-latihan ini dapat membantu melatih kerja otot jantung dan pernafasan, meningkatkan sirkulasi darah, memperkuat otot-otot yang diperlukan saat persalinan.
  3. Latihan peregangan dan kelenturan otot, akan membantu wanita hamil untuk mengurangi keluhan nyeri pada perut dan bokong selama kehamilan dan proses persalinan.
  4. Beberapa gerakan dapat membantu mengurangi kram kaki, pegal punggung dan pinggang, bahkan membantu bayi masuk ke dalam jalan lahir.
  5. Beberapa kelas senam hamil bahkan mengajarkan sesi relaksasi yang dapat membantu bunda yang biasanya sulit tidur selama hamil, menjadi lebih mudah tidur.
  6. Manfaat senam hamil dapat dirasakan apabila senam hamil dilakukan secara rutin, baik di kelas senam hamil maupun di rumah.

Syarat sebelum melakukan senam hamil:

  1. Usia kehamilandi atas 22 minggu,
  2. Sudah berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan dari dokter/bidan, dan dilakukan di bawah instruktur senam hamil.
  3. Hentikan kegiatan senam hamil, bila: timbul rasa nyeri, perdarahan, kontraksi sering, keluar cairan ketuban, nafas menjadi pendek, denyut jantung meningkat, pembengkakan tubuh dan aktivitas janin berkurang.
  4. Terdapat juga larangan ibu hamil dapat melakukan senam hamil, yaitu jika menderita penyakit jantung, paru, riwayat perdarahan, kelainan letak plasenta dan kondisi preeklamsia atau tekanan darah tinggi selama kehamilan. Maka memang sebaiknya sebelum melakukan senam hamil, ibu hamil harus berkonsultasi dahulu dengan dokter kandungan.


Comments
4 Comments

4 komentar :

  1. Thank kak for info, oh iya kak tanya donk yang jual baju senam body image daerah surabaya dmna ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah berkunjung, jadi penasaran nich sama baju senamnya

      Delete
  2. Artikelnya menarik dan bermanfaat :) Jadi tau manfaat yang diperoleh dari senam hamil buat ibu hamil. Apakah boleh senam dilakukan sendiri tanpa ada pendampingnya ? Terima kasih :)

    Mitos Seputar Makanan Bayi

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang saya tau senam hamil boleh dilakukan sendiri, tapi khusus yang latihan pernapasan mengejan (untuk usia kandungan >36 minggu) lebih baik didampingi instruktur,karena instrukturnya akan menahan perut bagian bawah ibu hamil selama latihan mengejan

      Delete