Thursday 15 May 2014 0 komentar

Konsultasi kehamilan

Menyambung postingan sebelumnya mengenai cara mengamati hasil uji kehamilan melalui testpack, ada baiknya kita mulai rajin memeriksakan diri ke Bidan atau Dokter. Setelah cek Bidan/Dokter untuk meyakinkan bahwa anda benar-benar hamil, perlahan tapi pasti barulah perubahan-perubahan sesungguhnya akan segera terasa (karena sebelumnya mungkin gak nyadar :p)

Namun yang terpenting,sebelum merasakan setiap perubahan yang akan terjadi selanjutnya ada baiknya kita rencanakan dulu dimana tempat praktek bidan/dokter yang akan kita gunakan sebagai tempat cek kandungan setiap bulannya.

Berikut yang bisa dipertimbangkan untuk memilih  tempat periksa kandungan dan tempat melahirkan yang saya rangkum dari berbagai sumber (versi saya):

  1. Lokasinya dekat dengan rumah atau tempat kerja, supaya bisa merencanakan rute tercepat saat diperlukan
  2. Kenyamanan konsutasi,baik tempat ataupun cara pelayanannya 
  3. Kelengkapan alat-alat yang diperlukan untuk kebutuhan cek bulanan dan melahirkan
  4. Adanya review,testimoni dan pengalaman dari orang-orang yang pernah mencoba layanan bidan,klinik atau rumah sakit yang hndak kita pilih,akan lebih baik jika kita mendengar  pengalaman dari saudara,atau teman dekat yang sudah kita kenal supaya lebih percaya
  5. Ketersediaan layanan asuransi dan kesesuaian biaya
Saat setelah mendaftar cek kandungan, Percakapan pertama kali dengan bidan/Dokter yaitu kita akan ditanya beberapa macam pertanyaan untuk kepentingan rekam medis, seperti:
  1. Hamil yang ke berapa kali?
  2. Tanggal terakhir menstruasi?
  3. Apakah ada riwayat keguguran dan kuretase?
  4. Keluhan yang sepat dirasakan selama beberapa hari terakhir
barulah setelah mencatat pertanyaan diatas bidan/asisten dokter akan mengukur tensi darah dan berat badan, selanjutnya akan dilakukan pemerikasaan USG.


Yang harus selalu dibawa setiap akan periksa kandungan:

  1. Kartu pasien, jika anda pasien baru kartu akan diberikan saat pertama kali daftar
  2. Kartu jaminan Asuransi
  3. Kartu Debit/ATM siapa tau ketersediaan rupiah dalam dompet kurang mencukupi :p
Yang kita dapatkan setiap selesai periksa kandungan:


  1. Hasil USG
  2. Obat + vitamin, biasanya pada trimester 1 dan 2 resep obat untuk satu bulan sedangkan pada trimester 3 resep obat untuk 3 minggu
  3. Kuitansi resep obat

0 komentar :

Post a Comment