Friday 23 May 2014 0 komentar

Gangguan Selama kehamilan


Tidak semua perubahan selama kehamilan akan berjalan dengan menyenangkan, tak sedikit gangguan saat kehamilan yang bisa mengganggu aktifitas ataupun istirahat anda. Berikut gangguan selama kehamilan yang saya alami dan cara penanganannya (yang saya rangkum dari berbagai sumber).

Mual-Muntah

Banyak bunda-bunda yang mengalami mual-muntah di setiap pagi hari. Sedikit berbeda dengan saya,karena saya mengalami mual di setiap pagi tapi biasa muntah pada sore hari (saat wudhu akan solat magrib). Mual muntah mungkin disebabkan oleh naiknya asam lambung karena rongga perut terdesak oleh bayi.

cara mengatasi mual-muntah:
  • Hindari makanan,benda atau apapun yang baunya tidak anda sukai.
  • Makan dan minum sedikit-sedikit dulu saja karena pengalaman saya  kalau kebanyakan bisa langsung muntah
  • Minum Teh hangat, minuman sari jahe dan mengunyah permen Jahe atau permen mint bisa membantu mengurangi mual
  • Pakai minyak aromatherapi untuk merelaksasi indra penciuman supaya tidak mengirimkan sinyal untuk mual dan muntah :D

Mudah lelah,sering ngantuk dan Kurang Konsentrasi

Menurut pendapat saya,Kurangnya asupan makanan bisa jadi penyebab kurang konsentrasi karena mengakibatkan kurangnya energi dan tekanan darah menurun sehingga akibatnya terhadap tubuh jadi mudah lelah,sering ngantuk dan kurang konsentrasi  (bener gak?? )


Cara Penanganannya:
  • Konsumsi makanan bergizi, misalnya makanan yang kaya akan zat besi supaya tidak anemia 
  • Istirahat, Berbaring dan tidur siang saat kelelahan. 
  • Tetap berolahraga dan menghirup udara segar

Sakit punggung

Sakit punggung mungkin disebabkan oleh perubahan hormon dan perubahan fisik selama kehamilan. Jaringan penghubung yang terikat pada tulang-tulang dan sendi antara tulang dapat melunak oleh pelepasan hormon. Kondisi ini menyebabkan iritasi sendi antara tulang selama gerakan. Hal ini dapat menyebabkan sendi yang menghubungkan tulang belakang dan panggul menahan sebagian besar berat bagian atas tubuh. Kenaikan berat badan pada wanita hamil menyebabkan ketegangan pada otot dan tulang belakang. Rahim yang membesar terhubung ke panggul yang melekat pada tulang selangkang (menyatu dengan tulang belakang) yang dapat ditemukan di bagian bawah tulang belakang dan juga dibagian belakang panggul. Sakit punggung pada wanita hamil biasanya mempengaruhi sakrum dan tulang panggul. Wanita dengan payudara besar mungkin juga menderita rasa sakit pada punggung atas terutama ketika payudara menjadi lebih besar selama kehamilan.
Cara mengatasi sakit punggung: 
  • Pakai balsem,koyo atau minta dipijat oleh suami atau pakai alat pemijat :D
  • Gunakan sepatu yang nyaman jangan yang sempit atau hak tinggi.
  • lakukan peregangan punggu secara perlahan sambil berbaring atau duduk.

Insomnia atau sulit tidur

Beberapa ibu hamil mungkin merasa sulit untuk tidur terutama selama trimester pertama. Selain itu mungkin merasa lebih sulit tidur juga selama trimester terakhir, terutama ketika melahirkan sangat dekat, karena stres dan kecemasan.
Selama trimester pertama kehamilan, wanita cenderung lebih sering buang air kecil. Namun, pada bulan-bulan terakhir, kandung kemih tidak dapat mengembang lebih karena rahim yang membesar. Jadi selama periode ini, buang air kecil dapat menjadi faktor pada gangguan tidur.
Tips mengatasi insomnia:
  • Atur pengosongkan kandung kemih sebelum tidur. Namun, jangan membatasi asupan cairan pada malam hari, karena dapat menyebabkan sakit kepala dan kontraksi rahim.
  • Mencoba makan makanan yang kaya akan 1-trytophan, seperti bayam dan susu. Senyawa tersebut  dapat bekerja  pada saat tidur.

Kram kaki

Kram kaki diduga akibat ketidakseimbangan kadar beberapa jenis mineral di dalam darah, yakni kalsium, potasium dan magnesium yang terlalu rendah, sementara kadar fosfor terlalu tinggi. Semua itu menyebabkan gangguan pada sistem saraf otot-otot tubuh.

Selain itu, kelelahan yang berkepanjangan serta tekanan rahim pada beberapa titik saraf yang berhubungan dengan saraf-saraf kaki, juga menjadi penyebab. Maka sangat masuk akal jika gangguan ini kerap dialami oleh ibuhamil pada masa trimester ke-2 dan  ke-3.


Cara mengatasi Kram kaki:
  • Luruskan tumit dan kaki, lalu  secara perlahan tekuk tumit dan jari-jari.
  • Pijat otot-otot kaki yang kram secara lembut dan perlahan.
  • Bila terkena kram kaki ketika duduk atau tidur, coba gerakkan jari-jari kaki ke arah atas.
  • Bangun dari tempat tidur dan berdiri sebentar beberapa menit, sampai rasa sakit hilang.

stretch mark

Terlihat sebagai goresan merah atau merah muda muncul pada daerah perut, paha, pinggul atau payudara. Stretch mark disebabkan oleh peregangan berlebihan dari lapisan kulit selama kehamilan. Setelah kehamilan, tanda-tanda menjadi berwarna putih keperakan.

Cara mengatasi stretch mark:

  • pakai Body Butter

Tidak Tahan pada cuaca panas (Keeringatan dan kepanasan terusss)

perubahan hormonal dan peningkatan aliran darah ke kulit yang menyebabkan peningkatan suhu tubuh. Selama yang dirasakan itu masih dalam batas normal, tentunya tidak membahayakan janin.
Selain meningkatnya aliran darah ke kulit yang menyebabkan Ibu berkeringat, kehadiran si Kecil di dalam rahim juga akan membuat Ibu lebih kepanasan dan keringat pun menjadi lebih banyak, terutama pada usia kehamilan bulan-bulan terakhir. Saat itu, ibu hamil akan berkeringat lebih banyak dibandingkan sebelumnya, karena kelenjar keringat bekerja lebih ‘giat’ agar tubuh Ibu tetap ‘adem'. Itulah sebabnya Ibu pun mengeluarkan keringat lebih banyak.

Cara mengatasi Kepanasan saat hamil:

  • Lakukan pernapasan teratur
  • Cari tempat yang sejuk,hindari sinar matahari langsung
  • Hindari mandi dengan air panas atau minum air panas

0 komentar :

Post a Comment